Friday 11 September 2015

Ambon dan Baris berbaris!!!

Dari Caption di atas, kalian pasti bertanya-tanya, apa hubungannya Ambon dan baris-berbaris? bukannya Ambon itu identik dengan Pantai, Laut, Ikan dan Sagu? lalu kenapa baris-berbaris???
Ini informasi tentang Ambon yang jarang anda tau.

Setiap tahun, acara apapun sangat tidak seru apabila tidak ada event Lomba Gerak Jalan Indah, atau Lomba Baris Empang (akan saya jelaskan kemudian). Acara apa saja anda sebutkan, maka akan ada Lomba Gerak Jalan Indah a.k.a Baris berbaris. Dari acara formal daerah, sampai acara ke agamaan. Bahkan, LGJI dalam rangka Ulang Tahun Gereja Protestan Maluku saja sudah berjalan sejak tahun 1980! bahkan sebelum saya direncanakan hadir di dunia ini oleh orang tua saya.






Sejak saya TK, yang saya ingat, setiap tahun saya pasti diajak hampir oleh seluruh anggota keluarga saya baik dari pihak Ayah maupun Ibu "mari katong pi nonton Baris yok"
Dengan bersenjatakan topi, dan botol air sekedar berisi air putih atau es teh manis dan kadang-kadang campuran air dingin dengan bubuk berperisa buah-buahan kadang ditambah bekal roti tawar merupakan saat-saat yang sangat menyenangkan. Apalagi kalau salah satu tim merupakan teman sekolah, teman bermain, sekolah minggu, teman pengajian, atau teman yang tinggal di daerah yang sama akan menambah keseruan menonton acara lomba baris-berbaris tersebut. Belum lagi soal kostum! dari kostum tradisional, sampai kostum ala ala drumband bisa kamu temui di event ini.

Berdiri di sepanjang jalan yang dilewati oleh kontestan atau hanya duduk di trotoar merupakan pemandangan yang biasa saat event ini berlangsung. Ada lagi yang paling seru! Baris Empang. Yak Baris Empang. Empang mungkin buat orang yang tidak berbahasa Ambon diartikan sebagai sebuah kolam buatan untuk beternak ikan atau udang. Tidak dengan di Ambon. Dengan kata BARIS EMPANG maka bersiaplah melihat segala jenis tarian dari segala genre dan semua jenis penari. 



Saat kata-kata "EMPANG, JALAN!" maka musik akan berbunyi dari boombox yang ditenteng oleh support tim atau bisa juga oleh salah satu anggota tim, maka itu adalah que untuk mulai menarikan koreografi yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tak heran, di belakang tim baris berbaris akan diikuti oleh segerombolan suporternya. 


Peserta dari event ini pun bermacam macam, ada kelompok umur yang dibagi-bagi oleh panitia. Setelah saya berada di tanah rantau, saya mendengar sekarang lomba baris empang sudah tidak diselenggarakan di jalanan melainkan di Lapangan Bola (sporthall Ambon) atau di Lapangan Merdeka. Buat saya keseruan nya tidak berkurang asalkan saya bisa kembali menyaksikannya.

Photo by : Maluku Satu Darah Facebook, Hany Hoek Facebook dan Mbah Google