Tuesday 14 April 2015

Carita Caroto Satu...

Selamat Pagi, siang, sore dan malam... #sing

"Alkisah, Pada suatu hari, Di negeri nun jauh di sana...."
ini adalah beberapa kata2 umum yang sering digunakan untuk memulai sebuah cerita.

Untuk seseorang yang berasal dari keluarga berdarah Maluku tulen berdomisili di kota Ambon seperti saya, biasanya yang di pakai Ibu/ayah/oom/tante untuk memulai ceritanya adalah kata2 "Carita Caroto" yang akan disambung dengan kalimat "abis Carita makan Coto...TAMAT". Tanya kenapa? coba bayangkan anda adalah seorang anak2 yang sedang tiduran santai menunggu aliran cerita dongeng untuk di ceritakan lalu cerita itu pun tamat sesaat setelah kata2 prolog diucapkan. Kesal??? saya yakin pasti kesal sebagai anak2. sebagai yang melakukannya (baca: orang dewasa) itu sebuah hiburan yang lucu. Melihat bibir bibir mungil yang mengerucut dan desahan kesal "aahhh..." sungguh menghibur. hehehehe

Inilah alasannya saya menggunakan judul Carita Caroto Satu... Saya ingin bercerita. Simple saja...



----------------------------------------------------------------

Selamat Pagi, siang, sore dan malam... #sing

"Once upon a time, one day, In the land far away ...."
This is some general words often used to start a story.

For someone who comes from a Molucca family that lives in Ambon like me, usually my mother / father / uncle / aunt start the story with "Carita Caroto satu..."which will be connected with the phrase "Abis Carita makan Coto ... THE END"
Ask why? imagine you are a kid who was lying relaxed in your bed, waiting for the fairy tales and then the story completed shortly after the prologue spoken.
Upset ??? I'm sure its annoying and as the person who did it (read: adults) that was funny and entertaining  seeing the lips pursed and tiny annoyed sigh LOL..
This is why I use the title Carita Caroto Satu...  It’s simply because I just want to tell stories …

Carita caroto abis carita makan coto = Moluccan phrase

Carita = Telling a Story (molucca) or Story (Indonesia)